7 Tips Paling Ampuh Cegah Sarang Tikus di Plafon Rumah

7 Tips Paling Ampuh Cegah Sarang Tikus di Plafon Rumah

July 2, 2019 0 By Superhero

Tikus menjadi hewan pengerat yang menyebalkan karena tikus dapat hidup di mana saja bahkan tempat yang tidak terduga. Di dalam rumah, tikus kerap membuat sarang di plafon dan karena hidupnya aktif di malam hari, tikus menjadi sangat berisik di atas plafon rumah dan tentu saja mengganggu waktu istirahat, bukan? Tapi tidak bila dengan menggunakan plafon akustik  yang salah satu kelebihannya adalah kedap suara sehingga suara cicitan tikus tidak dapat mengganggu. Harga plafon akustik di pasaran cukup variatif tergantung kualitas, namun harganya termasuk murah jika dibandingkan dengan keunggulan yang ditawarkan.

Tips Cegah Sarang Tikus di Plafon Rumah

Dengan menggunakan plafon akustik rumah bukan berarti membiarkan tikus membuat sarang di dalam plafon, ya.. ! Karena suatu waktu tikus akan turun ke dalam rumah kemudian memakan apa saja termasuk benda kesayangan Anda. Tidak mau bukan? Untuk itu perhatikan tips berikut:

1. Merica

Taburkan merica di atas plafon Anda, usahakan Anda terus melakukan pengontrolan. Jika dirasa aroma merica sudah tidak tercium lagi, Anda harus menambahkannya lagi.

Merica berfungsi sebagai racun tikus alami yang dapat mencegah tumbuhnya sarang tikus di atas plafon rumah. Merica atau lada memiliki aroma kuat yang sangat tidak disukai tikus, itu sebabnya merica dapat dijadikan racun alami.

2. Durian

Selain merica, durian juga dapat menjadi racun tikus alami. Khususnya bagian kulit durian, sebarkan di seluruh penjuru plafon atau simpan di tempat yang berpotensi dilewati tikus. Durian juga memiliki aroma yang tidak disukai tikus sehingga dapat mencegah adanya sarang tikus. Namun walaupun seperti itu, kulit durian yang dibiarkan lama juga akan memberikan aroma yang tidak sedap bagi Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengganti kulitnya secara rutin agar bau tidak enaknya tidak menyebar.

3. Kapur barus

Pada intinya, tikus sangat tidak menyukai aroma menyengat dan tahan lama. Kapur barus memiliki aroma yang menyengat dan tahan lama, selain itu kapur barus juga mengandung racun sehingga pengaplikasian kapur barus di dalam plafon rumah dapat mencegah adanya sarang tikus.

4. Daun sirsak

Simpanlah beberapa daun sirsak di atas plafon. Daun sirsak juga memiliki aroma yang sangat dibenci tikus. Untuk itu Anda harus mengontrolnya, jika daun sirsak sudah tidak lagi mengeluarkan baunya, maka Anda harus menggantinya agar tikus tidak akan datang.

Untuk menentukan waktu pengontrolan, Anda sebelumnya dapat menyimpan daun sirsak di dalam suatu ruangan dulu lalu perhatikan seberapa lama aroma daun itu menghilang.

5. Bawang merah dan bawang putih

Simpan bawang merah dan bawang putih di setiap penjuru plafon maupun di tempat yang potensial dijadikan jalan masuk tikus di plafon. Tikus sangat tidak menyukai  bawang, sehingga dijamin tikus tidak akan membuat sarang ketika ada bawang merah dan putih di plafon Anda.

6. Plafon akustik

Dalam pembahasan awal, plafon akustik memiliki kelebihan kedap suara sehingga tidak akan terganggu dengan kehadiran tikus yang kerap bising. Namun selain kedap suara, plafon akustik juga memiliki rangka galvanis yang tidak dapat dimakan tikus, sehingga penggunaan plafon dapat mencegah adanya sarang tikus.

Harga plafon akustik murah di pasaran, namun tentu saja tergantung kualitas, ukuran hingga produsen. Anda dapat mengecek harganya  di pasar online agar Anda mudah membandingkannya.

7. Racun dan penangkap tikus

Racun dan penangkap tikus dapat menjadi solusi yang sangat efektif untuk mencegah terciptanya sarang tikus. Berbeda dengan racun-racun organik yang telah dibahas sebelumnya, racun tikus ini justru disukai tikus dan sengaja agar dimakan tikus. Racun akan bereaksi di dalam tubuh tikus untuk membuatnya mati.