Bikin Hunian Lebih Cantik dan Kuat, Ini Dia Kelebihan Kayu Jati Sebagai Bahan Bangunan!

Bikin Hunian Lebih Cantik dan Kuat, Ini Dia Kelebihan Kayu Jati Sebagai Bahan Bangunan!

July 25, 2019 0 By Superhero

Hunian nyaman, tentu jadi dambaan. Tak hanya nyaman, keindahan dan kekuatannya jadi poin penting saat pembangunan. Dari penggunaan beton, logam, hingga kayu-kayu yang memberikan nilai estetik tinggi. Nah, salah satu bahan bangunan pilihan masyarakat adalah kayu jati. Siapa sih yang tidak kenal dengan kayu terkuat itu? Tentunya, kayu jadi mempunyai kelebihan luar biasa untuk dijadikan bahan penting di bidang konstruksi untuk hunian maupun gedung lainnya. Apa sajakah kelebihannya?

Kekuatannya Terjamin

Tidak semua barang yang awet mempunyai kekuatan yang mumpuni, bukan? Beda kasus dengan si kayu jati ini. Pasalnya, kekuatan tersimpul dengan sempurna dari kayu yang populer ini. Bahkan, kayu jati disebut sebagai rajanya kayu dan memiliki kualitas lebih tinggi dibanding jenis kayu lainnya. Kekuatannya itu bisa dibuktikan dari ketahanannya yang tidak mudah patah atau pecah.

Tidak hanya itu, lho, kayu jati juga sangat kuat dan tahan terhadap segala cuaca atau bahan kimia. Misalnya ketika Anda membeli kayu jati di toko flooring Jakarta untuk dijadikan dasar lantai. Jika biasanya kayu akan mudah lapuk ketika sering terkena air atau air hujan, berbeda dengan kayu jati. Meskipun sering terkena air hujan, ketahanannya tetap terjamin. Bahkan untuk segala cuaca apapun mampu tahan dan tidak membuatnya berubah bentuk, tekstur, warna hingga kekuatan.

Serat Kayu Estetis

 

Kelebihan Kayu Jati

Apapun jenis kayu, akan ditemukan serat yang terdapat di dalamnya. Jika dilihat, serat ini akan berupa corak-corak garis tak beraturan namun tersusun dengan rapi dan membentuk kesatuan yang sangat indah. Meskipun semua jenis kayu mempunyai serat ini, tapi tidak semuanya mempunyai corak serat yang estetik. Berbeda dengan kayu jati, setiap corak serat akan sangat terlihat cantik. Bahkan coraknya ini cukup beragam dan bisa Anda lihat secara kasat mata.

Anda bisa melihat di beberapa toko misalnya toko flooring Jakarta yang menjualkan kayu jati. Akan tersedia ragam kayu jati dengan corak di bagian tengahnya serba unik. Ditambah, perpaduan finishing kayu yang menambahkan pewarnaan klasik juga natural, sehingga saat dijadikan bahan bangunan, akan membuat hunian jadi lebih menawan.

Awet dan Tahan Lama

Kelebihan yang menyertai kayu jati dan sangat dikenal luas oleh masyarakat adalah dari segi keawetannya. Kebanyakan orang menyukai penggunaan kayu jati ini adalah ketahanannya yang tidak mudah crocoh, lapuk, dan patah. Seringkali ditemukan, ketika Anda menggunakan kayu lainnya untuk bahan bangunan seperti kusen atau pintu, bahkan lantai, semakin lama kayu tersebut akan rapuh. Baik karena sering terkena air, atau bahkan karena dimakan hama dan rayap atau berjamur.

Sementara kayu jati, jarang sekali ditemukan kasus kayu dimakan rayap atau mengalami crocoh yang membuat permukaannya jadi berlubang. Tentunya hal ini bisa membuat hunian Anda jadi tahan lama juga. Anda tidak perlu takut rangka kayu, kusen, pintu atau lantai akan rapuh yang mengharuskannya untuk mengganti. Dengan begitu, budgeting pun bisa lebih hemat karena meminimalisir risiko renovasi bangunan.

Tidak Menyusut dan Mudah Dibentuk

 

Kelebihan lainnya yang menyertai kayu jati adalah sifatnya yang stabil dan tidak mudah terpengaruh oleh apapun di lingkungannya. Kebanyakan orang khawatir ketika menggunakan kayu, kayu tersebut akan ngulet atau mengalami penyusutan sehingga bentuknya berubah. Namun kayu jati, kestabilannya lebih terjaga sehingga membuatnya tidak mudah ngulet.

Selain itu, kayu jati pun mudah dalam dibentuk. Anda bisa mengaplikasikan kayu menjadi bentuk apapun dan ukuran berapapun sesuai keinginan Anda. Tentu tanpa harus khawatir bentuk yang sudah disesuaikan itu akan berubah di kemudian hari. Apalagi kayu ini mudah ditemukan, bahkan di toko lantai vinyl sekalipun.

Nah, itu dia beberapa kelebihan dari kayu jati. Dengan kelebihan tersebut, tentu tak heran banyak masyarakat yang menjadikan kayu ini sebagai primadona. Namun, tak jarang masyarakat mengeluhkan harganya yang cukup tinggi. Meskipun demikian, hal tersebut tidak akan merugikan sebab kekuatannya yang bisa menimalisir kerusakan sehingga membuat Anda lebih hemat, bukan?