Cantiknya Kaca Tempered Sebagai Bahan Bangunan, Ketahui Dulu Plus Minusnya

Cantiknya Kaca Tempered Sebagai Bahan Bangunan, Ketahui Dulu Plus Minusnya

September 16, 2019 0 By Superhero

Membangun rumah selalui dimulai dari desain dan material. Ada banyak pilihan material yang digunakan sebagai dasar arsitektural sesuai gaya interior yang sudah dipilih. Akhirnya terbentuklah ciri khas yang mengkaitkan gaya interior dengan material. Seperti gaya klasi diperkaya dengan material kayu dan besi atau Gaya industrial yang kental dengan material unfinished. Kini gaya hunian baru memilih material yang lebih praktis dan terlihat indah dan tidak biasa. Saat itulah kaca tempered semakin luas penggunaannya sebagai material bangunan.

Kaca Tempered Sebagai Bahan Bangunan

Pernah dong anda melihat rumah bergaya minimalis dengan penggunaan kaca sebagai bagian dari konstruksi bangunan. Kaca sebagai dinding atau tangga adalah bagian dari rumah yang tidak umum. Hal pertama yang dipertanyakan tentunya. Apakah aman membangun rumah dengan kaca? Ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum memutuskan menggunakan kaca tempered dalam desain anda. Seperti ternyata kaca tempered memiliki beberapa tingkat ketebalan, pemasangan mereka harus menggunakan kalkulasi tertentu dan kondisi lainnya. Namun, yakinlah bahwa material ini unggul sebagai bagian dari rumah anda untuk alasan berikut :

1. Lebih Aman

Kacangihan teknologi berevolusi dari berbagai kekurangan yang ada. Salah satunya adalah kaca. material kaca bila pecah akan meninggalkan serpihan tajam yang bisa berbahaya. Ujungnya yang tajam dapat melukai orang ketika ada suatu situasi yang menyebabkan kaca pecah. Kaca tempered lebih aman dibandingkan kaca biasa karena ketebalannya yang mengalami proses pemanasan lebih banyak. Kalau kaca tempered pecah, dan mereka tidak mudah untuk pecah. Pecahan kacanya tidak berbahaya karena menjadi butiran tumpul yang aman.

2. Lebih Kuat

Selain materialnya aman kala pecah, pasti kuat kala bentuk solidnya digunakan untuk bangunan. Proses penguatan kaca yang dialaminya menjadi alasan kuat mengapa material ini cocok digunakan untuk bangunan, bahkan untuk menahan beban berat seperti material tangga atau sebagai kanopi yang terpapar sinar matahari, hujan, angin kencang dan berbagai perubahan cuaca.

3. Anti Gores dan Anti Rusak

Walau tidak mudah untuk dilihat, kaca memiliki goresan karena gesekan tertentu. COba lihat kaca dirumah atau kaca pintu dan jendela biasa. Setidaknya ada goresan tipis yang kadang terlihat dan kadang tidak. Kaca tempered walau tergores parah akan selalu terlihat mulus tanpa adanya lapisan yang rusak. Sehingga tentu penggunaannya jadi lebih awet,

4. Tahan Panas

Tidak perlu khawatir untuk menggunakan material ini di outdoor sebagai bahan kanopi atau dalam kamar mandi yang memiliki heater. Kaca jenis ini bisa tahan dari panas sinar matahari alami sampai air panas yang digunakan dalam kamar mandi. Untuk memastikan anda mendapatkan kaca tempered yang sesuai dengan penggunaan eksterior, tanya pada toko kaca yang menjualnya. Mereka akan merekomendasikan ketebalan yang harus dimiliki kaca tempered yang disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Multifungsi

Ada banyak bangian rumah yang bisa meenggunakan kaca tempered. Ia sangat cantik sebagai pintu atau jendela, terutama bila ditambahkan motif atau aksen. Sebagai pembatas dikamar mandi atau ruang lainnya juga pun tidak menjadi masalah. Dengan menggunakannya sesuai ketebalan maka akan lebih banyak hunian yang menggunakan material ini sebagai bagian dari rumahnya.

Bijaklah dalam membeli kaca tempered di berbagai toko kaca Jakarta. Karena tiap ketebalan memiliki kecenderungan yang berbeda untuk penggunaan yang beragam pula. Pastikan untuk memilih jenis kaca yang sesuai dengan kebutuhan rumah anda.