Cara Pasang Kanopi Kaca untuk Mempercantik Tampilan Rumah

Cara Pasang Kanopi Kaca untuk Mempercantik Tampilan Rumah

August 3, 2020 0 By Superhero

Belakangan ini, masyarakat sedang menggemari rumah-rumah minimalis yang tampak mungil namun punya desain yang terlihat indah. Salah satu aspek yang mereka perhatikan adalah keberadaan atap tempered yang terbuat dari kaca tebal sehingga cahaya mudah masuk ke dalam hunian. Selain itu, atap ini juga punya ketahanan anti-korosi dan mudah dibersihkan.

Di pasaran sendiri, ada berbagai macam jenis kanopi kaca yang bisa kamu beli. Semua model kanopi ini juga sudah dijual berpaket dengan rangkanya. Untuk yang memang memperhatikan keindahan interior rumah, bisa memilih kanopi yang senada dengan atap rumah dan genteng. Namun, agar tak salah, ada baiknya menyimak cara pasang kanopi jenis kaca di bawah ini.

Memilih Desain Kanopi yang Diinginkan

Cara Pasang Kanopi Kaca

Menentukan jenis kanopi apa yang akan kamu pakai bukanlah hal yang susah loh. Sesuaikan saja dengan konsep (gaya) rumah serta dana yang kamu punya. Tentu saja harga kanopi kaca tersebut akan beragam sesuai dengan kualitas yang akan kamu pilih. Yang terpenting adalah memilih kaca yang berjenis tempered dengan tebal kurang lebih 10mm. Pilihan lain adalah kaca jenis tempered laminated dengan tebal kurang lebih 5mm.

Memperhatikan Ukuran Area yang Akan Dipasang Kanopi

Umumnya kanopi dipasang untuk atap rumah. Namun, tidak menutup kemungkinan, kanopi juga bisa dipasang untuk jendela atau pintu. Maka dari itu, setelah menentukan desain, ukuran kanopi tersebut harus disesuaikan dengan area selain atap yang akan dipasang kaca. triknya, kamu bisa melebihkan ukuran kanopi sebanyak 10 cm. Sebagai contoh, jika lebar pintu yang akan dipasang kanopi adalah 60 cm, maka kaca yang harus kamu gunakan adalah 70 cm.

Pemilihan dan Pemasangan Rangka Kanopi Kaca

Cara Pasang Kanopi Kaca

Selanjutnya, bagian yang paling penting adalah menentukan jenis dan memasang rangka kanopi. Nah, rangka yang dipilih itu sebaiknya yang terbuat dari bahan kuat serta tidak mudah berkarat. Yang paling banyak digunakan adalah rangka besi jenis hollow yang sudah dicat dan dilapisi coating anti-karat. Selain besi, bisa pula rangka kayu, yang tentunya sudah melalui proses coating anti-rayap.

Sekrup Kuat yang Dipasang dengan Rangka

Seberapapun murahnya harga kanopi kaca yang kamu pakai, pada  bagian rangka harus benar-benar kuat. Pastikan kamu menyewa tenaga professional dalam pemasangan kanopi ini. Setelah diikat, rangka tersebut juga harus menggunakan sekrup ataupun danabolt yang kuat. Jika dibutuhkan, sekrup atau danabolt bisa dipasang rangkap, dengan begitu tak ada kekhawatiran kanopi akan jatuh, karena ia sudah sangat kokoh.

Memastikan Pemasangan Kaca Dilakukan dengan Benar

Cara Pasang Kanopi Kaca

Tahap terakhir dari pemasangan kanopi ini adalah memastikan kaca terpasang dengan benar dan sempurna. Kamu harus memperhatikan tiap detail kecil, misalkan pemberian lubang pada kaca sebelum memasang rangka dan sekrup. Bekas lubang diberi sealant atau klep lagi. Tujuannya adalah untuk mencegah kebocoran serta kaca tak mudah bergeser.

Mengkonsultasikan dengan Ahli

Setelah semua proses selesai, maka langkah tambahannya adalah mengkonsultasikan hal tersebut dengan ahli kontraktor kanopi kaca. Hal ini sebenarnya bisa dengan mudah kamu lakukan jika sedari awal kamu menyewa tenaga ahli yang mumpuni. Dengan mengecek ulang kondisi kanopi yang sudah terpasang, maka kesalah di kemudian hari bisa terhindarkan.

Pemasangan kanopi ini terbilang mudah, hanya saja butuh ketelitian dan harus dengan bantuan orang yang ahli. Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik, maka tingkat keberhasilan juga akan semakin baik. Semoga membantu!