Cara Pasang Kawat Nyamuk pada Ventilasi

Cara Pasang Kawat Nyamuk pada Ventilasi

August 14, 2020 0 By Superhero

Tinggal di Indonesia yang beriklim tropis tentu menyebabkan populasi nyamuk yang banyak. Nyamuk yang berkeliaran di rumah biasanya adalah betina yang menyukai darah manusia. Hal ini disebabkan karena proteksi kenyamanan rumah Anda kurang atau faktor kebersihan yang perlu ditingkatkan. Tentunya, Anda akan merasa sangat risih dengan mendengar nyamuk mendengung di dekat telinga saat tiduran atau bersantai. Bahkan, nyamuk bisa hinggap pada kulit dan menusukkan sungutnya untuk menghisap darah tanpa Anda ketahui. Anda baru bisa menyadarinya setelah melihat bentol di kulit. Sangat tidak nyaman, bukan?

Anda mungkin membeli beberapa botol obat anti nyamuk dan mosquito coils untuk meminimalisasi keberadaan hewan menganggu tersebut di rumah Anda. Namun, tahukah Anda bahwa jendela atau ventilasi rumah yang begitu terbuka dan hanya dibatasi dengan teralis saja juga menjadi sebab nyamuk-nyamuk masuk ke dalam rumah? Maka dari itu, perlu kiranya memasang salah satu fitur rumah yang dapat mengurangi hal tersebut yaitu kawat nyamuk atau mosquito wire net.

Mosquito wire net ini biasa dipasang di jendela, pintu, atau ventilasi rumah untuk mencegah nyamuk masuk dari luar. Nantinya, bila Anda sudah mencoba memasang ini di jendela atau pintu, nyamuk-nyamuk atau serangga lainnya akan terperangkap di dalam sini. Bila sudah terperangkap, Anda hanya tinggal membersihkan wire hingga bersih dari bangkai serangga.

Pemasangan kawat nyamuk ini tidak menjadi sebab mutlak nyamuk akan menghilang dari rumah kalau Anda tidak memperhatikan kebersihan secara rutin. Namun, fitur ini akan mengurangi populasi nyamuk di rumah sehingga akan tercipta ruangan yang nyaman dan tidak risih.

Nah, apakah Anda tertarik untuk membeli produk mosquito wire net ini? Bila iya, jangan lupa bahwa Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara memasang jaring nyamuk tersebut. Tidak hanya itu, Anda harus mengenali dari arah mana nyamuk banyak masuk ke rumah. Katakanlah, ventilasi adalah celah yang berpotensi besar dimasuki nyamuk.

Nah, berikut ini, kami akan membagikan kepada Anda langkah-langkah pemasangan mosquito wire net pada ventilasi rumah. Pelajarilah dan praktekanlah secara mandiri oleh Anda. Selamat mencoba.

Kawat Nyamuk pada Ventilasi

Cara Memasang Kawat Nyamuk pada Ventilasi

Sebelum mulai proses pemasangan, Anda memang perlu mengotak-atik sedikit. Karena itu, akan ada tahap pembuatan bingkai dan pemasangan kawat. Maka, siapkanlah bahan-bahan berikut :

1. Kawat khusus nyamuk (harga kawat nyamuk biasanya tidak terlalu mahal )

2. Alat ukur baik meteran atau penggaris

3. Kayu 2×3 cm

4. Gergaji

5. Palu

6. Paku kecil

7. Gunting besi

8. Amplas

9. Kuas cat

10. Cat warna sesuai selera

Tahap Pembuatan Bingkai

Untuk membuatnya pada ventilasi, Anda perlu membuat bingkai terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Ukurlah dengan teliti besar ventilasi yang akan dipasangi kawat dengan menggunakan meteran atau penggaris. Hal ini memudahkan Anda untuk mencari ukuran bingkai yang presisi dengan ventilasi. Ukuran yang Anda dapatkan harus dikurangi sampai 3 mm dari setiap sisi kayu agar bingkai dapat masuk ke lubang ventilasi.

2. Potong sebilah kayu menjadi empat bagian untuk masing-masing sisi panjang dan sisi lebar ventilasi.

3. Potonglah pada masing-masing bagian kayu dengan arah sudut yang berlawanan untuk mendapatkan bentuk sudut 45 derajat. Untuk melakukannya, Anda memerlukan gergaji.

4. Buatlah permukaan kayu menjadi lebih halus dengan menggunakan amplas. Lakukan pada setiap bagian.

5. Buatlah bingkai dengan menyambungkan tiap bagian satu dengan yang lainnya menggunakan palu dan paku.

6. Uji cobalah frame yang sudah jadi untuk memastikan ukurannya pas.

7. Bila ukurannya sudah pas, Anda hanya tinggal mengecatnya saja secara merata.

Tahap Pemasangan Kawat Pada Bingkai

1. Rentangkan kawat dan pasangkan pada bagian kayu bingkai menggunakan paku, gunakan paku payung kecil.

2. Lakukan hal tersebut pada bagian kayu lainnya sampai seluruh celah bingkai terlapisi oleh mosquito wire tersebut.

3. Potonglah bagian yang tidak masuk pada celah bingkai menggunakan gunting besi karena biasanya mosquito wire ini terbuat dari besi atau aluminium.

4. Pasangkan frame pada ventilasi.

Kawat nyamuk bisa Anda dapatkan secara online di berbagai platform. Harga kawat nyamuk yang ditawarkan biasanya sangat murah dan tidak mencapai seratus ribu rupiah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!