Ini Dia Desain Ruang Kerja yang Produktif di untuk Rumah

Ini Dia Desain Ruang Kerja yang Produktif di untuk Rumah

July 17, 2020 0 By Superhero

Mulai bosan dengan suasana ruang kerja di rumah yang monoton dan bikin kamu nggak nyaman? Punya ruang kerja di rumah, memang saat ini menjadi solusi bagi para freelancer atau pebisnis untuk bisa memaksimalkan kinerjanya. Salah satunya adalah dengan membuat ruang kerja yang produktivitas dengan desain yang menarik, serta memberikan kenyamanan.

Lalu seperti apa sih desain ruang kerja yang produktivitas itu? Satu hal yang harus kamu perhatikan, yakni terkait kenyamanan dalam hal penggunaan kursi dan meja kantor. Tak hanya itu, masih ada  banyak hal lain yang mendukung desain ruang kerja produktivitas di rumahmu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa nih menyimak penjelasan berikut ini.

Desain Ruang Kerja yang Produktif

Desain ruang kerja berikut ini bisa kamu terapkan agar meningkatkan produktivitas kerja. Mari disimak baik-baik berbagai informasi menariknya.

1. Warna ruangan yang membangkitkan semangat

Desain Ruang Kerja yang Produktif

Kehadiran warna yang cerah untuk ruangan kantor, ternyata bisa membangkitkan emosi dan gairah dalam bekerja. Pilihlah warna-warna cerah yang senada seperti biru, merah, kuning, hijau, putih, dan lain sebagainya. Namun jika ingin tampilan yang lebih kece dan terkesan santai, pilihlah warna kontras yang memiliki keselarasan.

2. Furniture kantor yang tepat

Desain Ruang Kerja yang Produktif

Agar produktivitas kerja makin meningkat, gunakanlah furniture yang memberikan kenyamanan seperti meja kantor minimalis dengan rak dan kursi putar. Tambahkan juga berbagai rak penyimpanan di bagian pinggir ruangan dekat dinding, supaya tidak mengganggu pemandangan. Pilihlah rak dengan tampilan yang menarik, namun tetap bernilai fungsional.

3. Pencahayaan natural dengan sirkulasi yang baik

Desain Ruang Kerja yang Produktif

Buatlah ruang kerja yang memiliki akses pencahayaan dan sirkulasi yang lancar, dengan menggunakan jendela besar. Gunakan gorden atau kerai untuk mengurangi cahaya matahari yang terlalu menyilaukan. Kamu juga bisa menempatkan atap kaca, agar cahaya bisa masuk ke ruangan kerja.

4. Pemandangan yang hijau dan alami

Desain Ruang Kerja yang Produktif

Kehadiran tanaman di ruang kerja bisa memberikan suasana yang tenang, serta bisa membuatmu makin produktif. Pilihlah penggunaan jendela kaca yang menghadap taman atau halaman di luar rumah. Jika ruanganmu cenderung tertutup, kamu masih bisa menempatkan pot-pot tanaman segar. Letakkan beberapa pot di sudut ruangan, meja kantor, ataupun di rak khusus tanaman hias.

5. Dekorasi sesuai karakter

Desain Ruang Kerja yang Produktif

Desain selanjutnya untuk menciptakan ruang kerja yang produktif, yaitu dengan menambahkan dekorasi yang memiliki unsur personal. Buatlah dekorasi yang sesuai karakter dan seleramu, sehingga kamu akan terpicu untuk bersemangat saat bekerja. Contohnya dengan menambahkan dekorasi menggunakan unsur kayu, berbagai ornamen dinding, lukisan yang estetik, dan lainnya

6. Ruangan meeting santai

Desain Ruang Kerja yang Produktif

Untuk desain ruang kerja di rumah, sebaiknya buatlah ruang meeting yang santai namun menarik. Buatlah klien betah di ruang kerjamu dengan memilih sofa dan meja kantor yang stylish. Kamu pun bisa mendekorasi ruang meeting dengan konsep meja dan kursi bergaya industrial.

7. Rak penyimpanan dokumen

Desain Ruang Kerja yang Produktif

Meski kantormu berada di rumah, tapi kamu nggak boleh asal dalam meletakkan berkas atau dokumen penting pekerjaan. Sebaiknya tambahkan rak atau lemari penyimpanan khusus, agar lebih rapi dan memudahkan ketika mencarinya. Rak ini bisa diletakkan di sudut ruangan, rak tempel di dinding, ataupun rak penyimpanan fungsional di bawah meja. Dengan begitu kamu tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari cari dokumen, sehingga pekerjaanmu jadi lebih produktif.

Itulah tadi desain ruang kerja yang bisa meningkatkan produktivitasmu. Terapkan desain di atas dan buatlah suasana kerja makin nyaman dan nggak membosankan!