4 Desain Rumah Modern dengan Memanfaatkan Pintu dari Kaca

4 Desain Rumah Modern dengan Memanfaatkan Pintu dari Kaca

July 20, 2020 0 By Superhero

Kayu adalah material yang khas pada rumah-rumah desain klasik. Seiring berkembangnya zaman, modern ini desain-desain rumah tak hanya mengandalkan kayu saja. Material yang banyak digunakan adalah beton, besi, hingga kaca. Contohnya saja penggunaan pintu kaca pada sebuah hunian kini bukanlah hal yang sulit didapat. Ditambah lagi dengan banyak sekali jenis kaca yang bisa digunakan sebagai material rumah.

Kaca tak lagi diremehkan sebagai material yang mahal, mudah pecah dan tidak memiliki banyak motif karena tampilannya yang transparan. Justru sebaliknya, kini kaca sangat mendominasi dengan banyaknya pilihan warna, ketahanannya, hingga motif dan tekstur. Tak heran jika material ini bukan sekedar digunakan sebagai pintu kaca tetapi juga kanopi.

Inspirasi Rumah Desain Modern dengan Pintu Berbahan Kaca

Desain Rumah Modern Memanfaatkan Pintu dari Kaca

Berbicara soal material kaca, jenis kaca yang paling banyak diminati adalah kaca tempered. Kaca ini memiliki kualitas yang paling tinggi begitu juga dengan harganya. Jika Anda berencana untuk membangun atau renovasi rumah menjadi desain modern, sebaiknya pilih material kaca dan modelnya terlebih dahulu. Tak harus semua dinding atau atap menggunakan kaca, Anda bisa menerapkannya sebagai pintu kaca di dalam ruangan.

Berikut ini beberapa pilihan desain rumah yang memanfaatkan pintu serta beberapa bagian bangunan lain dari kaca.

  • Desain rumah dengan pintu lipat kaca

Desain Rumah Modern Memanfaatkan Pintu dari Kaca

Jika Anda memiliki rumah yang luas dan sering mengadakan acara open house maka desain rumah yang memanfaatkan pintu lipat kaca lebih disarankan. Bingkai yang digunakan pada pintu adalah aluminium sehingga menjaga keamanan dari penggunaanya. Pintu tidak menghabiskan ruang ketika Anda ingin membukanya dengan dilipat. Pintu bisa digunakan pada area yang menghubungkan antara dalam rumah dengan halaman belakang. Sehingga ketika mengadakan acara Anda akan mendapat ruangan yang sangat luas.

  • Desain rumah dengan pintu geser

Desain Rumah Modern Memanfaatkan Pintu dari Kaca

Jika Anda ingin menggabungkan antara dinding dan pintu maka desain ini bisa diterapkan. Pintu dari kaca yang digeser termasuk menghemat ruangan dan bisa juga digunakan untuk menghubungkan ke area belakang rumah. Tapi hasilnya memang tidak seluas dengan pintu yang dilipat. Biasanya desain ini lebih sering digunakan pada rumah yang berukuran sempit. Supaya terlihat luas, warna dinding dan kusen pintu adalah putih. Kusen yang digunakan bisa berupa bahan aluminium atau UPVC.

  • Desain rumah dengan pintu lipat kaca film

Desain Rumah Modern Memanfaatkan Pintu dari Kaca

Tampilan modern bisa didapatkan bukan hanya dari pintu lipat dengan kaca transparan. Kaca film juga bisa dipilih, fungsinya agar panas dari luar tidak masuk secara langsung ke dalam ruangan. Ada banyak sekali jenis kaca film mulai dari yang sangat gelap hingga sedikit transparan. Anda bisa memanfaatkannya supaya privasi ruang tetap terjaga tanpa harus menggunakan tirai pada pintu. Agar kesan modern lebih kuat, buatlah ukuran pintu yang besar seperti dinding.

  • Desain rumah modern dengan pintu geser tanpa bingkai

Desain Rumah Modern Memanfaatkan Pintu dari Kaca

Ada juga desain rumah modern yang diterapkan pada rumah berukuran sangat kecil. Bentuk pintu geser saja sudah sangat menghemat ruangan, ditambah lagi jika pintu tidak menggunakan bingkai. Karena tidak menggunakan bingkai tampilan mewah dari kaca pun akan terlihat. Jika ingin menerapkan desain ini sebaiknya pilih jenis kaca yang tebal dan kuat seperti kaca tempered. Selain itu juga pilih railing dari bahan stainless steel yang kuat.

Diantara keempat desain ini manakah yang kira-kira akan Anda gunakan? Pastikan semua pemilihan pintu kaca menggunakan jenis material yang tepat.