Ide Renovasi Basement Agar Tidak Tampak Menyeramkan

Ide Renovasi Basement Agar Tidak Tampak Menyeramkan

September 19, 2019 0 By Superhero

Basement rumah biasanya tampak gelap dan lembap, karena letaknya di bagian bawah bangunan sehingga membuat kesan basement tampak menyeramkan. Padahal jika area basement ini ditata dengan baik, maka akan ada tambahan ruangan yang bisa dijadikan sebagai area aktivitas pemilik rumah. Jika anda melakukan renovasi pada basement rumah dengan menambahkan penerangan, basement dapat menjadi ruangan yang menyenangkan dan nyaman untuk ditempati.

Ide Renovasi Basement

Memikirkan bagaimana design yang tepat untuk desain basement bukanlah hal yang mudah, dan saatnya untuk anda menata basement agar menjadi ruangan yang efektif di dalam rumah. Tentukan kegunaan basement apakah menjadi ruang bermain anak, atau kantor pribadi, atau hanya menjadi gudang, coba lihat kondisi rumah anda, ruangan apa yang diperlukan untuk menunjang kehidupan. Mendesain lantai dengan menggunakan cat epoxy flooring dapat menjadi solusi memberi tampilan basement yang lebih menarik.

1. Ruang bermain anak

 

Ruang bermain anak

Masalah keterbatasan ruangan akan mendapatkan solusi jika anda pandai mengorganisir basement rumah anda. Jika anda ingin membuat ruang bermain untuk anak, anda dapat memanfaatkan basement sebagai solusi. Pilihan lantai dengan lukisan yang disukai anak menjadi alternatif yang menarik, gunakan epoxy floor agar lantai ruang bermainnya semakin bewarna, dan lengkapi dengan dekorasi yang cocok untuk ruang bermain anak anda.

2. Bioskop mini

 

Bioskop mini

Anda dengan keluarga memiliki hobi menonton film, menyulap basement menjadi bioskop mini mungkin adalah solusi terbaik. Dengan cahaya yang minim ruangan ini cocok sekali dijadikan area anda berkumpul bersama keluarga dan melakukan kegiatan menonton film kesayangan. Aktivitas menonton akan semakin nyaman jika anda menghias lantai ruangan dengan teknik epoxy flooring, agar ruangan tidak tampak monoton dan dijamin aktivitas menontonmu akan semakin menyenangkan karena anda menambahkan sofa yang nyaman.

3. Ruang Berolahraga

Mendekorasi ruangan basement menjadi ruangan gym atau olahraga bisa menjadi jitu bagi anda yang suka berolahraga. Letak ruangan basement dapat membantu anda berkonsentrasi melakukan olahraga, dan design ruangan dengan alat yang memang anda butuhkan, jangan menambahkan alat yang tidak penting di dalamnya. Tambahkan fasilitas tv, sound atau speaker agar anda bisa melihat video senam atau hanya sekedar memutar musik yang dapat menambah semangat aktivitas olahraga anda.

4. Ruang laundry

 

Ruang laundry

Mengubah basement menjadi ruang laundry dapat menjadi pilihan bagi anda yang tidak suka aktivitas mencuci berada di area utama rumah. Suara dari mesin cuci seringkali mengganggu aktivitas anda dan orang-orang yang berkunjung ke rumah, maka dari itu basement dapat dijadikan solusi yang tepat mengatasi masalah tersebut. Meskipun hanya menjadi ruang laundry usahakan agar tetap tampak tertata rapi dan menarik, gunakan wallpaper dinding dengan motif menarik agar suasana ruangan tetap menyenangkan dan nyaman.

5. Ruang bekerja

 

Ruang bekerja

Basement cocok digunakan sebagai ruang kerja karena posisi ruangan yang berada di basement, memungkinkan anda untuk bekerja dengan nyaman dan jauh dari gangguan. Pilih meja kerja dan kursi yang nyaman, design interior ruang kerja anda dengan apik agar mood anda selalu baik ketika bekerja di ruangan ini. Tambahkan ornamen-ornamen seperti rak buku, lampu belajar atau pun sofa agar ruangan tidak tampak kosong.

Itulah beberapa ide ruangan untuk merenovasi basement. Tetap pertimbangkan dahulu ide ruangan mana yang cocok sesuai kebutuhan rumah anda. Selamat merenovasi basement menjadi ruangan yang indah.