Ingin Rancang Kamar Anak Sesuai Usia? Ketahui Tips Efektifnya

Ingin Rancang Kamar Anak Sesuai Usia? Ketahui Tips Efektifnya

October 4, 2019 0 By Superhero

 

Merancang kamar tidur untuk buah hati membutuhkan perhatian ekstra orang tua agar kenyamanan anak terjaga. Selain memilih furniture kesukaan anak-anak, pilihan perabotan juga diperhatian, tujuannya agar kesehatan anak terjaga sehingga perkembangannya tidak ada hambatan.

Tips Merancang Interior Kamar Anak Sesuai Usia

Dukungan orang tua dan orang terdekat mempengaruhi perkembangan anak. Salah satunya melalui interior kamar anak yang mempengaruhi pertumbuhan anak mengenal berbagai hal, tak heran orang tua rela melakukan berbagai cara sampai berbayar agar rancangan kamar anak sesuai usia. Namun, siapa saja dapat menerapkan interior kamar impian anak, berikut ada 5 tips merancang kamar buah hati untuk acuan, antara lain:

1. Usia 0-4 Bulan

Orang tua lebih mementingkan interior kamar anak saat memasuki sekolah sekitar umur 4 tahunan. Padahal interior kamar anak yang dirancang saat ia berusia 0-4 bulan efektif membuat kamar tampak hidup, apalagi usia tersebut awal kehidupan buah hati mengenal keindahan dunia. Wallpaper anak dapat digunakan sebagai susasana indah dinding sehingga kamar anak menarik. Pasalnya baru lahir pasti sering dikunjungi banyak orang sekadar memberikan kado maupun perlengkapan bayi, maupun kerinduan sanak saudara jauh yang datang melihat buah hati anda.

2. 4-7 Bulan

Umur 4-7 bulan buah hati anda mulai belajar tengkurap, merangkak dan sudah mengenali warna. Usahakan menghadirkan warna-warna cerah sebagai aksen interior kamar agar buah hati melihat-lihat warna-warna indah interior kamarnya.Berkreasilah mendesain interior kamar anak sesuai keinginan anda dan pasangan, usahakan sesuaikan dengan jenis kelamin anak. Jika buah hatinya perempuan dapat menghadirkan perbotan maupun permainan anak perempuan, begitu pun sebaliknya.

3. 8- 13 Bulan

Umumnya, orang tua akan mengabadikan setiap moment bersama buah hati karena menggemaskan dengan tingkah lucunya. Pemberian rancangan interior kamar anak membuat kebersamaan anda dengan buah hati tak terlupakan, apalagi di usia 8-13 bulan umumnya anak-anak mulai belajar berbagai hal sehingga membutuhkan motivasi untuk menarik perhatiannya. Agar interior kamar anak menggemaskan, dapat menghias dinding dengan wallpaper anak-anak karena motifnya beragam seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan motif keren lainnya.

4. 1-2 Tahun

Kamar Anak Sesuai Usia

Usia 1-2 tahun anak-anak mulai dapat berbicara dan penasaran dengan berbagai hal, terutama yang ada dikamarnya. Maka memberikan rancangan kamar anak yang tepat membuat suasana kamar menyenangkan, apalagi jika buah hati banyak maka mereka akan melakukan permainan bersama sehingga kehangatan keluarga tercapai. Anda dapat meletakan bahan bacaan abjad, berbagai hewan dengan berbagai hal, misalnya dengan gambar-gambar besar lengkap dengan warnya, maupun bahan lainnya karena koleksi permainan anak kini semakin beragam.

5. 3-4 Tahun

Usia ini buah hati memiliki perkembangan yang pesat dan ingin sekolah Paud karena mereka sudah mengenal warna-warna dan hewan-hewan yang ada di sekitar. Anda dapat menambahkan wallpaper anak sebagai hiasan dinding dengan motif perkebunan, tumbuh-tumbuhan maupun hewan. Bahkan, penambahan wallpaper dengan kartun favorit anak dapat dilakukan sehingga anak betah melakukan kegiatan di kamar, pastinya anak selalu ceria karena desain kamarnya menarik.

Merancang interior kamar anak memiliki kesan tersendiri bagi orang tu, maka ke 5 tips di atas dapat dijadikan inspirasi memiliki kamar anak yang menarik. Walaupun masih banyak inspirasi dekorasi kamar anak sesuai usia, tetapi ke 5 tips tersebut mewakilinya. Yang terpenting pilihlah desain yang disukai anak agar kehadirannya disukai anak yang didukung orang tua.