Pelajari 7 Jenis Epoxy Supaya Hasil Sesuai Ekspektasi

Pelajari 7 Jenis Epoxy Supaya Hasil Sesuai Ekspektasi

January 21, 2020 0 By Superhero

Solapurshine.com – Epoxy merupakan cat pelindung yang biasanya diaplikasikan pada lantai beton, supaya lantai lebih kuat, awet, tahan dari bahan kimia dan tahan air. Epoxy sendiri terbuat dari beberapa campuran khusus seperti resin dan hardener. Cat ini mampu menghasilkan visualisasi lantai yang terlihat mengkilap dan bersih.

Jenis-jenis cat epoxy

Teknologi epoxy lantai makin banyak.dilirik terutama untuk kebutuhan industrial, pada beberapa jenis cat ini mampu menahan pertumbuhan bakteri sehingga kebersihan lantai lebih terjaga. Sangat cocok digunakan dalam bisnis resto dan RS, yang notabenenya memang menjunjung tinggi nilai higienitas.

Epoxy gravel

Cat yang sangat cocok digunakan jika ingin menciptakan suasana back to nature dalam ruangan. Epoxy coating yang sangat dekoratif ketika masuk ke dalam proses finishing bagian permukaan lantai akan terlihat seperti ditaburi batu kerikil. Aksen kerikil merupakan ciri khasnya sentuhan terakhir biasanya ditambahkan dengan grafis atau logo.

Epoxy anti listrik statis

Cat anti statis pasti terdengar asing bagi sebagian orang, cat ini sering digunakan untuk melapisi dinding, lantai, maupun atap dari ruangan khusus seperti laboratorium, rumah sakit, pabrik elektronik dan tempat yang perlu bebas dari aliran listrik statis.

Sebab aliran listrik ini mampu merusak barang-barang yang ada di dalam ruangan tersebut. Epoxy flooring ini dibuat dengan teknologi tinggi sehingga mampu mengurangi bahkan menangkal aliran listrik statis dalam jumlah tertentu.

Epoxy mortar

Mortar merupakan salah satu jenis epoxy yang paling sering digunakan, sering dimanfaatkan untuk melapisi dan melindungi permukaan beton dari retak halus dan bocor. Hal yang patut dibanggakan dari epoxy ini adalah daya keringnya yang sangat cepat.

Cocok sekali jika digunakan sebagai epoxy lantai rumah dan gudang.  Selain cepat kering jenis ini juga banyak digunakan sebagai primer atau dasaran sebelum masuk ke proses epoxy coating pada dak beton.

Epoxy solid 100 %

Apakah anda sedang mencari epoxy murni dengan kekuatan luar biasa? Maka solusinya adalah epoxy solid 100%. Murni hanya dibuat dari cairan epoxy tanpa bahan tambahan apa pun. Di klaim lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan jenis lain.

Epoxy self dispersing

Dikenal memiliki daya tarik dan renggang yang sangat baik, epoxy lantai ini mampu menahan beban berat dari benda yang bergerak seperti kendaraan besar dan forklift. Sangat cocok diaplikasikan pada area dalam produksi, gudang dan bagaian pabrik lainnya.

Epoxy terrazzo

Impian memiliki lantai bercita rasa seni tinggi bisa terwujud dengan penggunaan epoxy ini, desain motif yang sangat beragam memanjakan setiap mata yang memandang. Tidak hanya bisa dipakai pada gedung-gedung komersial seperti hotel, anda juga bisa epoxy flooring ruangan dalam rumah agar terlihat lebih cantik.

Berbagai keunggulan ditawarkan seperti permukaan mengkilap bak dilapisi kaca, motif dan warna tak terbatas, tahan terhadap abrasi dan bahan kimia, sangat mudah diaplikasikan Bahakan pada lantai yang banyak memiliki sambungan.

Epoxy Solvent-Based

Biasanya cairan epoxy itu kental, namun jenis satu ini cukup unik sebab harus di encerkan dahulu menggunakan cairan khusus yang terlihat seperti tiner. Bentuknya lebih cair sehingga lebih mudah untuk dioleskan pada permukaan.

Hasil akhirnya pun cukup memuaskan sangat halus dan mengkilap, sayangnya cat epoxy ini memiliki bau yang menyengat dan cukup mengganggu hidung apabila belum kering sempurna.