Jenis Lantai untuk Lapangan Olahraga

Jenis Lantai untuk Lapangan Olahraga

January 22, 2020 0 By Superhero

Dewasa ini ruang terbuka hijau untuk berolahraga dengan nyaman sulit ditemukan. Meski begitu, pemerintah dan masyarakat tetap membangun sarana olahraga berupa gedung maupun lapangan, agar bisa tetap menjalankan pola hidup sehat.

Untuk membuat gedung olahraga tidak boleh sembarang membuatnya. Harus diperhatikan segala macamnya, salah satunya adalah lantai. Berikut adalah lantai yang sering dipakai untuk lapangan olahraga.

Jenis Lantai Lapangan Olahraga

1. Lantai Vinyl

Lantai Vinyl Lapangan Olahraga

Buat kamu pecinta badminton, voli, futsal, dan basket pasti sudah tidak asing lagi kan dengan lantai ini? Permukaan vinyl yang anti slip dapat meminimalisir terjadinya cedera pada pemain. Oleh sebab itu, banyak gedung olahraga yang menggunakan lantai jenis ini

Lantai ini mempunyai banyak keunggulan dibanding jenis lantai olahraga lainnya. Melalui keunggulannya itu, lantai ini sudah diakui sebagai standar internasional  Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh vinyl flooring:

  • Vinyl mempunyai tekstur yang cukup elastis karena terbuat dari bahan PVC (Poly Vinyl Chloride). Dengan teksturnya yang elastis, hal itu membuat lantai ini tidak mudah rusak walaupun berada di suhu yang tinggi. Jenis lantai ini mempunyai dua tekstur yang berbeda, yaitu halus dan sedikit kasar. Penggunaan kedua tekstur itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau prioritas.
  • Kamu tidak perlu khawatir dengan suhu dan kelembapan di dalam ruangan, karena bahan PVC selain bertekstur elastis juga anti terhadap air. Pada musim panas lantai jenis ini tidak akan melebar. Begitu pula di musim dingin, dia tidak akan mengerut walaupun terkena banyak air. Perawatan untuk vinyl sangatlah mudah, cukup disiram dengan air bersih dan pel hingga merata.
  • Vinyl Flooring mempunyai pilihan warna yang cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan sendiri. Meskipun dipakai untuk berbagai olahraga, tetapi warna dan tekstur yang digunakan di setiap cabang olahraganya sangat berbeda.
  • Hal terakhir yang menjadikan vinyl disukai oleh semua orang adalah harganya. Harga jual yang ditawarkan lebih murah dibanding lantai jenis lain.

2. Lantai interlock

Lantai interlock sering dijumpai pada olahraga futsal. Interlock mempunyai daya tahan yang tinggi dan terbuat dari bahan yang kuat yaitu polypropylene. Penggunaan lantai ini terbilang awet dan tidak mudah rusak karena tahan terhadap serangan jamur, bakteri, dan serangga.

Tidak hanya lantai vinyl, interlock juga mempunyai keunggulan sendiri. Berikut adalah keunggulan dari lantai interlock:

  • Selain untuk olahraga, lantai ini bisa digunakan untuk tempat bermain anak-anak karena warnanya sangat bervariasi dari gelap, terang, hingga netral. Selain itu, warna interlock dapat dikombinasikan dan dikreasikan secara kreatif.
  • ‌untuk pemasangannya, lantai ini mudah dibongkar pasang karena memiliki sistem knock down yang baik. Di setiap sudutnya lantai ini terdapat kuncian untuk mempermudah dalam pemindahan dan dapat dipasang kembali.
  • Merawat lantai interlock tidak bisa sembarangan. Harus dibersihkan dengan pel bertekstur lembut agar terhindar dari goresan. Untuk mengepelnya, gunakan cairan pembersih khusus karena cairan lantai jenis lain dapat memudarkan warnanya. Supaya tidak cepat retak, hindarkan lantai dari sinar matahari langsung.
  • ‌harga lantai ini memang cukup mahal dibanding lantai lain. Hal ini dibuktikan dari kualitas bahannya yang sangat baik.