Menangani Kebocoran Pipa Dalam Beton Secara Efisien

Menangani Kebocoran Pipa Dalam Beton Secara Efisien

August 19, 2020 0 By Superhero

Beton menjadi pilihan ketika penghuni rumah ingin dinding tembok yang lebih kokoh. Dengan pakai dak beton membuat rumah bisa berdiri tegak dan menopang beban hingga beberapa lantai. Namun tak jarang semua perencanaan struktur rumah yang dikira sudah baik tergangu oleh kendala seperti kebocoran pipa. Kebocoran air atau pun gas, harus segera diperbaiki karena berkaitan keselamatan penghuni rumah.

Tangani Kemungkinan Pipa Bocor Dengan Handal

Pipa yang bocor dalam tembok beton adalah jenis pipa yang memiliki tekanan. Baik berupa air maupun gas. Hal terpenting adalah  mengidentifikasi kebocoran, tempatnya dan cara penanggulangannya. Jangan abaikan rembesan pada dinding atau bau gas yang samar. Sekecil apapun kebocoran, akan menimbulkan masalah lebih besar bila diabaikan. Berikut beberapa penanganan sesuai jenis kebocoran dan jenis pipanya.

1. Pipa Air Bocor

Rembesan air yang dekat kamar mandi bisa menyebabkan jamur karena permukaan yang lembab. Dinding betonpun jadi harus dihancurkan untuk menemukan asal dari mana rembesannya. Bisa dijadikan adanya kebocoran pada pipa yang penanganannya berbeda sesuai besar-kecilnya lubang.

Pipa Besi : lubang kecil dapat ditambal dengan cara dilas. Bila kebocoran lebih besar bisa memotong bagian besi dan menambalnya dengan las dengan lapisan besi lainnya.

Pipa PVC : kebocoran pada pipa PVC menggunakan flockshock. Pipa dipotong kelmudian disambung lagi. Bila kebocoran terletak pada bagian siku, dapat dengan mudah diatasi dengan menganti pipa bagian yang bocor. Hal tersebut kemunkinan terjadi karena tekanan yang terlalu besar.

Pipa Galvanis : pilihan yang paling ideal untuk dinding beton ini ditangani seperti pipa besi. Bila lubang kecil cukup diberi perekat dan dilas. Kebocoran yang besar perlu ditambal dan kemudian direkatkan dengan pengelasan.

2. Pipa Gas Bocor

Segera hubungi pihak terkait bila anda menggunakan Gas Bumi yang dialirkan melalui pipa oleh pemerintah. Mereka punya semua peralatan yang sesuai untuk menangani kebocoran pipa yang berkaitan dengan gas. Penghuni rumah hanya cukup waspada bila ada kebocoran. Langkah terbaiknya adalah meminta bantuan dari pihak ahli yang menanganinya.

Lapisan Waterproof

Hal lain yang bisa dilakukan untuk memastikan kebocoran dapat dicegah adalah dengan menggunakan sejenis waterproofing pada bagian tertentu yang dianggap perlu. Ada beberapa macam waterproofing yang bisa dilakukan untuk mencegah kebocoran pipa yang berada pada tembok beton.

Lapisan Anti bocor Integral

Harga waterproofing dak beton bisa digabungkan dengan penggunaan anti bocor ini. Jadi, harga bisa lebih hemat dan sekalian dipasangkan lapisan anti bocor. Dengan menggunakan waterproofing intergral dimana adukan beton dan waterproofing bercampur sebelum sebelum dicor. Sehingga, dinding beton tahan air dan juga tidak gampang retak.

Lapisan Anti bocor jenis Coating

Pemberian lapisan waterproofing yang langsung di gunakan pada permukaan ini cukup dengan mengaplikasikannya dengan tipis. Penggunaan cairan anti bocor ini disapukan dengan merata pada pipa dengan kuas/coating ataupun spray. Pelapisan tersebut dapat dilakukan setelah pipa yang bocor telah ditangani. Baik dengan melalui pengelasan atau pengeleman. Lakukan juga pada area membran agar dapat perlindungan menyeluruh pada bangunan. Harga waterproofing membran kurang lebih sama dengan dak beton hanya pengaplikasiannya saja yang berbeda.

Cegah adanya pipa bocor dengan memberhitungkan tekanan dan bahan material pipa yang berkualitas. Bila ada kebocoran, segera tangani dengan memeriksa kondisi dinding dan buat lubang bila diperlukan, Gunakan juga lapisan waterproofing sebagai tambahan pencegahan kebocoran untuk bangunan rumah anda.