Penempatan Kaca Cermin di Kamar Mandi yang Ideal Untuk Menciptakani Kesan Lebih Luas dan Mewah

Penempatan Kaca Cermin di Kamar Mandi yang Ideal Untuk Menciptakani Kesan Lebih Luas dan Mewah

July 24, 2019 0 By Superhero

Cermin merupakan salah satu barang interior yang sudah bisa dipastikan dapat kita temukan di setiap hunian. Kaca cermin sendiri termasuk dalam kategori dekorasi. Karena cermin memiliki sebuah nilai estetika untuk menambah keindahan atau daya tarik dalam sebuah ruangan. Namun bukan saja sebagai sarana mempercantik ruangan. Cermin juga memiliki fungsi penting. Bahkan keberadaannya dapat mempengaruhi suasana ruangan secara keseluruhan.

Salah satu efek dari penempatan cermin yang paling penting adalah untuk membuat kesan ruangan menjadi lebih luas. Karena bayangan yang dipantulkan cermin, membuat seakan-akan ruangan menjadi dua kali lebh besar. Fungsi ini dimanfaatkan pada cermin yang ditempatkan pada dinding partisi. Selain itu, cermin juga membuat ruangan lebih terang karena pantulan cahayanya, sehingga sekali lagi, membuat ruangan tampak lebih bersih dan luas.

Cermin bisa didapatkan pada toko yang jual kaca cermin dalam beragam desain. Baik berupa cermin polosan tanpa bingkai maupun cermin yang sudah dibingkai dan dapat dipajang di dinding.  Cermin juga biasa didapati menjadi bagian dari lemari rias di kamar atau ganti. Juga sebagai bagian dari lemari hias yang dipajang di ruang tamu. Sehingga mampu mempercantik ruangan.

Penempatan di kamar mandi

Salah satu tempat dimana umumnya terdapat cermin adalah di kamar mandi. Biasanya dipilih cermin berukuran kecil. Cermin dilettakan tidak jauh dari tempat adanya peralatan mandi seperti sabun, sikat gigi dan pencuci wajah.

Tidak banyak yang benar-benar mempermasalahkan mengenai peletakan cermin di kamar mandi. Padahal, dengan mengetahui beberapa trik mengenai penempatan cermin, bisa mendapatkan fungsinya lebih dari sekadar untuk bercermin. Anda juga memperoleh keindahan estetika untuk interior ruangan kamar mandi Anda.

1. Tempatkan di  Samping Pintu

Sebetulnya, hal ini tidak saja berlaku bagi cermin di kamar mandi. Juga dapat diterapkan pada penempatan cermin di ruangan lain. Meletakkan cermin di samping pintu merupakan pilihan tepat. Karena cahaya dari arah pintu dapat memantul ke cermin dan menerangi ruang kamar mandi Anda. Sehingga kamar mandi terlihat bersih dan luas.

Penempatan cermin di dekat pintu, dapat menambah kesan mewah pada ruangan kamar mandi Anda, terlebih jika desainnya juga cantik dan menarik.  Selain itu, penempatan cermin di samping pintu lebih praktis. Anda bisa mengecek kembali tampilan Anda sebelum keluar dari kamar mandi.

2. Tempatkan cermin berukuran besar

Umumnya, orang memilih cermin ukuran kecil di kamar mandi. Hanya agar mendapatkan fungsinya untuk berkaca saja. Padahal, dengan pemasangan kaca cermin dengan ukuran lebih besar dapat menciptakan sebuah nuansa kebersihan serta merefleksikan kesegaran dari cahaya di sekitarnya ke seluruh ruangan. Namun Anda harus memastikan bahwa cermin sudah diletakkan di posisi yang tepat agar ruangan menjadi terkesan lebih besar. Karena umumnya, kamar mandi mendapatkan porsi ukuran ruangan lebih kecil dari ruangan lainnya di rumah. Bell, seorang desainer profesional mengungkapka,  bahwa perbaikan instan pada kamar mandi yang terlihat sesak adalah dengan cara menukar cermin berukuran kecil dengan yang lebih besar.

3. Hindari penempatan di atas bak mandi atau di dekat shower

Selain di atas wastafel, sebaiknya hindarkan penempatan cermin di lokasi-lokasi yang mudah terciprat air. Hal ini untuk menjaga agar cermin tidak cepat kotor dan buram. Lagipula, jika Anda meletakkan cermin di atas bak mandi, maka akan sulit meraihnya jika cermin sampai jatuh dan tercebur ke dalam bak mandi.

Baca juga: 3 Bagian Konstruksi Gedung Hotel Paling Rawan Rusak Hingga Kerap Membutuhkan Renovasi

4. Hindari Penempatan di Seberang Pintu

Berdasarkan fengshui, penempatan ini membawa energi yang buruk. Sementara dari segi estetika, pantulan pintu pada cermin bukanlah pemandangan mengesankan, dan membuat gaya interior kamar mandi tidak nyaman dengan begitu banyak bayangan pintu.

Lagipula penempatan kaca cermin di seberang pintu memang posisi “berbahaya”. Pernahkah Anda melupakan membawa sesuatu ke dalam kamar mandi, sementara Anda sudah tidak berpakaian dan terpaksa meminta orang lain mengambilkannya? Jika Anda menempatkan cermin di seberang pintu, pantulan bayangan bagian belakang Anda akan terekspos di cermin pada saat Anda meminta bantuan kepada orang lain. Dan itu bisa menjadi hal yang memalukan.