Ini Dia Rahasia Dari Cara Memasang Lampu Neon Box

Ini Dia Rahasia Dari Cara Memasang Lampu Neon Box

August 21, 2020 0 By Superhero

Sebagai media promosi neon box banyak dipilih perusahaan, untuk memperluas bisnis dan menarik pelanggan lebih banyak. Tapi tahukah Anda bagaimana sebenarnya cara memasang neon box tersebut? Karena ternyata tahapannya cukup panjang. Untuk mengetahuinya maka simak baik-baik informasinya di bawah ini.

Cara Memasang Lampu Neon Box Dengan Mudah

Enam urutan pemasangan ini biasanya diterapkan oleh penyedia jasa pembuatan neon box. Tak perlu waktu panjang selama semua alat dan bahan sudah dipersiapkan. Berikut ini cara pemasangannya.

Siapkan Rangka Lampu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan rangka untuk tempat pemasangan neon box. Biasanya terbuat dari besi yang disambung dengan sistem pengelasan, membentuk box dengan ukuran panjang dan lebar sesuai kebutuhan atau keinginan pengguna. Besi diberi pengait khusus untuk meletakkan lampu.

Pilih Lampu

Kemudian cara memasang lampu neon box selanjutnya adalah memastikan ukuran lampu neon sesuai dengan rangka dan pengaitnya. Biasanya sudah diukur sebelum membuat rangka neon box, sehingga saat lampu dipasang bisa terkait dengan sempurna. Lampu yang digunakan biasanya jenis neon LED keluaran salah satu merk lampu ternama, dengan panjang 36 cm.

Ada banyak jenis lampu neon yang sering digunakan untuk pemasakan produk neon box, ada jenis TL, TL LED dan LED modul dengan ukuran cahaya dan body bervariasi. Anda tinggal memilih yang tepat dengan kebutuhan

Kaitkan Lampu

Lakukan proses pengaitan lampu dengan meletakkannya secara horizontal dari kiri ke kanan, sesuai jumlah lampu yang dibutuhkan. Letakkan lampu dengan hati-kati. Jenis lampu ini sangat rentan pecah dan rusak karena lapisan kacanya tergolong tipis jika dibanding jenis lampu lainnya.

Setelah dikaitkan, lanjutkan dengan memberi tali penguat pada masing-masing ujung lampu, agar tidak mudah lepas dari pengait utamanya. Sebab lampu neon akan dipasang untuk waktu lama. Hal itu dilakukan karena pada area tertentu, bisa saja terkena angin kencang yang menyebabkan neon box bergetar dengan kuat.

Pasang Trafo

Trafo dipasang berdekatan dengan kabel penghubung dari masing-masing lampu neon. Gunakan stiker agar kuat menempelkan trafo pada rangka besi. Pilih stiker yang tahan panas dan memiliki daya rekat kuat. Lokasi trafo bisa diletakkan pada bagian bawah lampu secara berjejer, bisa juga pada samping kiri atau kanan rangka lampu sesuai letak kabel utama.

Sambungkan kabel lampu pada trafo

Setelah itu cara memasang lampu neon box berikutnya adalah dengan menyambungkan kabel listrik dari lampu dengan kabel trafo yang akan terhubung pada aliran listrik. Jangan lupa beri pelindung sambungan kabel, bisa menggunakan lakban khusus untuk kabel listrik yang biasanya berwarna hitam. Ini akan mengurangi resiko arus pendek yang rentan terjadi.

Cek sambungan trafo ke listrik

Langkah terakhir adalah dengan melakukan pengecekan aliran listrik, dengan mencolokkan kabel gabungan trafo dan lampu pada aliran listrik. Pastikan kabel sudah dilengkapi colokan sebelum dilakukan pengetesan. Hal itu dilakukan untuk menghindari Anda terkena sentrum listrik. Jika lampu menyala artinya proses pemasangan lampu sudah berhasil.

Tinggal Anda menutup rangka dengan casing neon box, lakukan dengan hati-hati dan pastikan tidak ada bagian lampu yang terkena tutup casing. Setelah itu produkpun siap untuk ditempatkan sesuai peruntukkannya.

Memasang lampu neon box memang butuh detil yang sempurna, karena sangat berkaitan dengan aliran listrik dan kemampuan lampu memberikan cahaya terbaiknya. Sebab, biasanya lampu ini diletakkan pada lokasi outdoor yang rentan terkena sinar matahari dan tetesan hujan. Jika dipasang dengan benar, maka ketahanannya akan maksimal hingga bertahun-tahun.