Seperti Apa Sih Meja Kantor yang Ideal? Berikut Ini Kriterianya

Seperti Apa Sih Meja Kantor yang Ideal? Berikut Ini Kriterianya

July 8, 2020 0 By Superhero

Ruang kerja yang nyaman adalah tempat kerja yang diinginkan oleh karyawan. Salah satu faktor seseorang betah bekerja adalah kenyamanan yang diberikan oleh kantor sebagai fasilitas selama melakukan pekerjaan. Itulah alasannya mengapa ruang kerja yang ergonomis tidak bisa disepelekan begitu saja. Apalagi bagi karyawan yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, berhadapan dengan komputer dan urusan administrasi lainnya. Tentu membutuhkan meja kantor yang nyaman dan mencukupi ruang gerak karyawan. Sebab meja kerja yang kurang memenuhi standar bisa menyebabkan ketidaknyamanan, masalah kesehatan, hingga memicu stres.

Ketika seorang karyawan merasa tidak nyaman dengan situasi kerja yang dihadapi, hal ini akan berdampak produktivitas kerjanya. Hasil kerja menjadi tidak maksimal, padahal bisa saja karyawan tersebut adalah seseorang yang kompeten. Namun karena meja kerja yang kurang nyaman menurunkan kualitas kerjanya. Dimulai dari meja kerja yang kurang nyaman, akan berdampak pada situasi kerja yang kurang maksimal. Karyawan akan lebih sedikit bekerja dan lebih banyak berdiskusi di luar pekerjaan dengan karyawan lain. Dampak terhadap kantor pun lama kelamaan akan terasa.

Kriteria Meja Kerja yang Tepat untuk Karyawan Kantoran

Meja Kerja Karyawan

Lantas seperti apa meja kantor yang tepat, nyaman, sekaligus menjaga sisi kesehatan bagi karyawan yang banyak menghabiskan waktu di kantor? Fakta di lapangan masih saja ada kantor yang memfasilitasi meja seadanya tanpa melihat beban kerja karyawan. Prinsip mereka, yang penting ada fasilitas, maka kenyamanan menjadi nomor sekian. Bila tidak terjadi upgrade, bibit-bibit tidak nyaman selama bekerja lebih cepat muncul. Hal ini akan berdampak pada pekerjaan yang lain, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Biasanya, meja kerja yang dibutuhkan mempunyai banyak laci slorokan atau gantung untuk menyimpan berkas-berkas yang penting. Bahannya pun terbuat dari partikel board yang kokoh. Sudah tidak zaman lagi menggunakan meja kayu yang mudah lapuk dan rapuh. Perawatannya pun lebih sulit dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Dalam ulasan ini akan dijelaskan kriteria meja kantor yang nyaman dan sesuai untuk aktivitas kantoran:

1. Tidak Mengkilat

Meja kerja sebaiknya tidak memiliki permukaan yang mengkilat, sebab akan mengganggu penglihatan karyawan. Hindari pula menggunakan permukaan kaca, karena selain menyebabkan silau, kaca yang retak bisa mencelakakan penggunanya. Itulah alasannya banyak yang mulai menggunakan partikel board guna menunjang keselamatan karyawan. Lagi pula, menggunakan tidak semua kaca dapat menahan beban barang di atas meja.

2. Luas Meja yang Tidak Berlebihan

Tidak terlalu luas, tidak pula terasa sempit. Sesuaikan kebutuhan beban kerja dan konektivitas dengan karyawan lain. Ruang rapat memang membutuhkan meja yang luas dengan mayoritas berbentuk U guna menampung karyawan selama rapat berlangsung. Sementara untuk ruang kerja biasa, gunakan meja yang tidak terlalu luas tetapi tetap tidak menghambat gerak karyawan. Meja yang terlalu sempit membuat karyawan sulit bergerak hingga berdampak pada kesehatannya, seperti nyeri sendi dan lain-lain.

3. Ruang Gerak Kaki yang Cukup

Sebaiknya memilih model meja kantor minimalis dengan bagian bawah yang terbuka. Selain membantu sirkulasi udara keluar masuk dengan baik, kaki memiliki ruang gerak yang cukup agar tubuh tidak kaku dan pegal.

Itulah kriteria meja kerja yang sebaiknya dimiliki oleh karyawan. Sepantasnya pihak kantor tidak menyepelekan hal ini untuk menunjang kerja karyawan. Suasana kantor yang sehat juga mendukung produktivitas kerja. Bila karyawan menghasilkan kerja yang bagus, hal tersebut akan berdampak pada kemajuan kantor.