Tak Mudah, Inilah yang Membuat Trend Korea Mendunia

Tak Mudah, Inilah yang Membuat Trend Korea Mendunia

August 6, 2019 0 By Superhero

Trend dari Negeri Korea Selatan

Kamu pasti nggak asing lagi dengan trend Korean Wave, yang berasal dari negeri gingseng Korea Selatan, bukan? Nggak hanya penikmat musik Korea, berbagai kalangan baik anak muda hingga para orangtua tahu trend tersebut. Big and famous, nggak hanya musikalitas ataupun drama yang terkenal, merchandise seperti peralatan untuk kebutuhan sehari-hari pun banyak yang dijual berdasarkan trend korea.

 

Bahkan, fashion style ala Korea Selatan pun bertebaran di berbagai toko, baik online shop ataupun toko offline yang sering kamu jumpai di berbagai mall besar di Indonesia. Tak hanya barang kecil, trend yang makin besar itupun merambah ke dalam seni estetika lainnya, termasuk desain interior. Banyak pengusaha hingga reseller yang menawarkan jual wallpaper Korea dengan beragam macam model dan warna yang kekinian.

Banyaknya barang-barang yang ditawarkan oleh para seller, entah itu berkaitan dengan artis Korea ataupun tidak. Bahkan, online shop yang tersebar dan bisa diakses dengan sangat mudah diberbagai aplikasi dalam smartphone, membuat trend Korea makin booming dan makin besar secara perlahan namun pasti. Harga yang ditawarkanpun makin warna-warni, baik itu baju-baju ala Korea ataupun harga wallpaper Korea. Dari yang paling murah hingga yang paling mahal, tersedia untuk berbagai kalangan. Impressive! Kamu jadi makin penasaran, apasih yang sebetulnya membuat trend Korea bisa mendunia?

Pendapat dari Orang Terkemuka

Dilansir dari CNN Indonesia, jika dilihat berdasarkan pendapat Spencer Thomas, seorang Produser Senior Tim Pembangun Konten dari CJ E&M, adanya trend Korea maupun kesuksesan dari Korea Selatan berawal dari sebuah konten yang berkualitas. Tak lain dan tak bukan adalah drama dan musik K-Pop.

Spencer mengatakan jika ia tidak tahu banyak tentang musik. Namun, banyak hal termasuk kesuksesan bisa dilihat dari kerja keras dan sistem yang digunakan oleh Korea Selatan untuk membuat talenta mereka kian maksimal.

Kerja keras yang diawali dengan latihan itu terkenal dengan istilah trainee. It’s not easy! Untuk menjadi seorang artis, baik itu penyanyi ataupun aktor di Korea Selatan harus melalui casting dan mereka akan diarahkan untuk trainee- latihan selama berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun. Saat trainee, calon artis akan berlatih selama berjam-jam dalam sehari sesuai dengan talents mereka.

Strategy- yang lainnya ialah, setiap agensi biasanya merekrut seorang atau dua orang asing dari Negara yang berbeda dan bisa berbahasa asing. Dengan begitu, goals yang diharapkan yaitu mengundang banyak orang-orang dari berbagai kultur dan budaya yang berbeda-beda untuk bersama-sama menikmati karya dari negeri Korea Selatan.

Spencer Thomas menambahkan bahwa, dalam segi penyiaran, drama Korea memimpin. Tak hanya ide cerita yang menarik, Spencer mengatakan bahwa bos dalam agensi yang sama dengan Spencer mengatakan, no culture no country. Dalam penyiaran dan drama mereka melakukan branding melalui konten makanan asal Korea, kimchi. Korea sangat bangga mengenai makanan asal negeri mereka tersebut, hingga menggunakannya sebagai suatu identitas. Membuat setiap penyiaran dalam Drama Korea makin melejit karena branding kimchi yang diselipkan di setiap skenario drama yang mereka tampilkan.

Bisnis Hingga Jual Wallpaper Korea

Wallpaper Korea

Banyak faktor membuat trend Korea mendunia. Got bigger- ketika mereka merambah dunia bisnis menjual beragam macam produk. Produk kecantikan terhitung seperti skincare dan make up, mereka gencar berbisnis mengepakkan sayap ke seluruh dunia. Perlengkapan belajar hingga perlengkapan rumah, jual tas, tempat minum, sepatu hingga jual wallpaper Korea, banyak ditemukan dimana-mana.

 

Contohnya saja, jika ada suatu idola yang tengah naik daun, akan banyak produk yang berkaitan dengan idola asal Korsel tersebut. Poster, album, buku, hingga fashion yang dikenakan oleh idola Korsel banyak dijual oleh para penjual produk. Dengan produk yang dijual itulah, akhirnya membuat orang yang awam dan tak paham, menjadi aware akan trend Korea.