Tingkatkan Keamanan Hunian dengan Rekomendasi Kamera CCTV Ini

Tingkatkan Keamanan Hunian dengan Rekomendasi Kamera CCTV Ini

September 13, 2019 0 By Superhero

Solapurshine.com – Saat ini kebutuhan akan jaminan keamanan semakin meningkat. Pasalnya, kriminalitas juga semakin meningkat tanpa kenal tempat dan waktu. Siapa saja bisa jadi sasaran kejahatan jika tidak waspada. Itulah mengapa kini kebutuhan akan kamera CCTV juga meningkat pesat. Tindakan antisipasi ini ditengarai mampu menurunkan angka kriminalitas yang signifikan karena sebuah rekaman CCTV bisa digunakan sebagai alat pengawas dan pencegahan dini pada tindakan kejahatan sekaligus alat bukti jika terjadi tindak kriminal.

Semakin Populer

Kamera CCTV sendiri kini banyak dipasang di berbagai tempat, biasanya area publik, termasuk di hunian pribadi. Hal ini karena kamera CCTV sangat bermanfaat, selain untuk memantau keamanan rumah, juga bisa digunakan untuk memantau keamanan anak atau hewan peliharaan.

Kini dengan sistem network camera seperti wireless camera, biaya pemasangan kamera CCTV jadi semakin murah. Kondisi rumah bisa dipantau kapan saja dan di mana saja karena bisa dihubungkan dengan smartphone si pemilik rumah. Kamera CCTV sendiri banyak dijual di pasaran dan selain bisa dipasang sendiri juga bisa menggunakan jasa pemasangan dari toko yang menjual CCTV. Namun jika ingin menyeluruh, Anda bisa menggunakan jasa kontraktor mekanikal elektrikal yang akan memberikan saran terbaik mereka.

Jangan Asal Membeli dan Memasang

Biasanya untuk ruang publik dan gedung-gedung perkantoran atau perbelanjaan, pemasangan kamera CCTV bisa dikonsultasikan dengan kontraktor ME, baik yang dikontrak bersama dengan kontraktor bangunan maupun dikontrak secara lepas. Mereka bisa merekomendasikan lokasi dan spesifikasi kamera yang tepat sehingga pemasangan CCTV tersebut bisa efektif dan efisien.

Jika Anda ingin memasang CCTV sendiri, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti jenis kamera CCTV apakah untuk indoor apa outdoor, ada infrared atau tidak, dan sebagainya. Anda juga harus menentukan fungsi  yang disesuaikan dengan tempat dan tujuan pemasangan seperti berwarna atau hitam putih, dilengkapi perekam suara atau tidak, ada backlight atau tidak juga fungsi untuk memantau jarak jauh. Dan yang terakhir, sesuaikan dengan anggaran di mana Anda memang harus mempertimbangkan sisi harga namun tetapt harus disesuaikan dengan kualitas dan fungsinya agar tidak kecewa.

Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik

Dan berikut ini 4 rekomendasi merek CCTV terbaik yang banyak disarankan oleh para kontraktor ME untuk dipasang di rumah tinggal.

1. Sony SNC-DH110.

 

Sony SNC-DH110

Dengan harga di kisaran 5 jutaan, kamera ini memiliki desain kompak dan dilengkapi teknologi EXMOR dan sensor CMOS sehingga gambar yang dihasilkan jelas dan bisa mengikuti objek bergerak meski dalam kondisi gelap. Kamera ini juga dilengkapi ONVIF compliance sehingga bisa menghasilkan transmisi data dengan lancar.

2. Panasonic IP Camera K-EW114L06E.

 

Panasonic IP Camera K-EW114L06E

Memiliki rentang harga di 1,6 juta hingga 4,5 juta rupiah, kamera CCTV ini dilengkapi dengan sensor gambar CMOS 1.3 MP dan jarak fokus hingga 30 meter. Kamera ini memiliki fitur weatherproof dan waterproof sehingga cocok digunakan di luar ruangan.

3. D-Link DCS-5222L.

 

D-Link DCS-5222L

Dengan harga tertinggi di kisaran 6,5 juta rupiah, kamera bertipe Cloud IP Camera ini bisa dihubungkan dengan jaringan WiFi di rumah. Dilengkapi dengan fitur Tolt dan Zoom Digital, kamera ini juga dilengkapi dengan Wifi Extend dan Night Vision. Gambar yang dihasilkannya pun sangat bagus dengan kualitas HD 720p.

4. ESCAM QD420.

ESCAM QD420

Kamera ini dijual dengan harga 1 hingga 2 juta rupiah namun memiliki spesifikasi yang lumayan bagus sehingga banyak dicari. Dengan sensor CMOS,  kualitas gambar yang dihasilkan sangat bagus dan mendetail serta bisa dihubungkan dengan smartphone untuk pemantauan langsung di mana saja dan kapan saja. Kamera ini juga dilengkapi fitur motion detection untuk mendeteksi adanya pergerakan objek.