Tipe Plafon yang Sering digunakan

Tipe Plafon yang Sering digunakan

July 22, 2020 0 By Superhero

Plafon menjadi bagian penting yang ada pada langit rumah. Dengan memberi plafon, memandang langit rumah pun tak terasa hampa. Apalagi perkembangan kreatifitas manusia membuat dekorasi plafon menjadi lebih unik dan menarik, membuat siapa saja berlomba-lomba menampilkan tampilan terbaik pada plafon rumahnya. Jenis plafon yang beragam juga membuat siapa saja semakin mudah memilih plafon kesukaannya. Namun, kamu harus tau jenis plafon yang satu ini, plafon yang paling sering digunakan pada dekorasi langit rumah. Selain plafon gypsum, plafon GRC juga hampir digunakan di banyak bangunan seperti, rumah, gedung-gedung penting, kantor, dan hotel-hotel berbintang. Mengapa banyak yang memakai plafon jenis tersebut?

Ketahanan Terhadap Air

Pada setiap area yang berdekatan dengan air pasti akan menggunakan plafon GRC karena kekuatannya menahan kelembapan dari resapan air. Karena pada dasarnya plafon jenis ini anti rayap dan jamur. Biasanya plafon ini akan dipasang di area seperti dapur dan kamar mandi yang memang dekat dengan air.

Proses Pemasangan yang Mudah

Kalau disuruh memasang plafon sendiri sepertinya bakalan ribet ya. Nah, kalau kamu ingin mencoba memasang plafon sendiri, kamu bisa coba menggunakan plafon jenis GRC. Karena dibuat dari semen dan serat fiberglass, plafon jenis ini sangat flexible dan mudah sekali untuk dibentuk. Selain itu, plafon ini memiliki permukaan yang rata dan halus sehingga tidak perlu diplamir ataupin dicat ulang. Bahkan, penggunaan plafon ini akan membuat kamu menghemat banyak waktu karena proses pemasangannya yang cukup cepat.

Awet dan Hemat Biaya

Kalau sudah berurusan dengan atap rumah tentunya akan lebih repot ya, karena secara langsung ia akan berhadapan dengan hujan dan matahari. Nah, jenis plafon yang jelek akan cepat rusak dan justru membuat pegeluaran berlipat untuk biaya perbaikan. Untungnya, penggunaan plafon GRC bisa menghemat pengeluaran kamu karena harganya yang relatif murah. Meskipun tergolong murah, plafon jenis ini ternyata lebih awet karena ketahanannya terhadap air dan lembab. Dan jangan kaget kalau plafon ini bisa bertahan hingga 25 tahun. Lumayan lah ya 25 tahun ngak akan direpotkan dengan biaya perawatan plafon.

Aman dan Sehat

Emang ada plafon yang bisa bikin kita sakit? Ada dong guys. Karena ternyata penggunaan plafon asbes bisa menyebabkan secara tidak langsung terkena penyakit paru-paru. Karena memang menghirup bau asbes terlalu lama tidak baik bagi pernafasan. Nah, si plafon GRC ini ternyata sehat karena tidak mengandung asbes. Selain tidak menganggu kesehatan, plafon ini cocok buat kamu yang tinggal di daerah rawan bencana, karena ternyata bahan plafon ini tahan terhadap api dan air. Dibandingkan dengan gypsum, plafon jenis ini juga lebih tahan terhadap benturan yang kuat.

Memberikan Tampilan Desain Mewah

Tipe Plafon yang Sering digunakan

Kalau bicara mewah dan elegan siapa sih yang nggak tertarik. Dengan menggunakan plafon jenis GRC ternyata bisa menambah unsur kemewahan pada plafon rumah kamu loh. Karena plafon ini juga memiliki variasi bentuk yang terkesan wow. Ada dua bentuk yang dapat digunakan, yakni tepi rata (square edge) dan tepi landai (recessed edge).

Kedap Suara

Pasti kamu pengen kan punya studio music sendiri di rumah atau memiliki ruangan-ruangan yang kedap suara. Ternyata plafon GRC ini termasuk plafon dengan tipe kedap suara. Banyak yang menggunakan plafon jenis ini untuk bioskop, rumah sakit, ruangan kelas, hotel, studio music, dan lain sebagainya.

Wah, gimana guys, sudah tertarik untuk mencoba menggunakan plafon tersebut? Ngak usah tunggu lama-lama karena sudah jelas ya keunggulan plafon ini akan membuat banyak orang berminat menggunakannya.