Tips Paling Mudah Merawat Kaca Tempered

Tips Paling Mudah Merawat Kaca Tempered

December 21, 2019 0 By Superhero

Kaca tempered merupakan kaca yang sudah menjadi standar untuk digunakan di dunia modern dalam berbagai sektor. Kaca tempered digunakan hampir pada semua bangunan modern, sektor otomotif hingga sektor industri furnitur.

Kaca tempered di pasaran memiliki harga yang variatif tergantung ukurannya, harga kaca tempered 10mm dengan harga kaca 12mm dan 9mm tentu berbeda karena kualitasnya pun berbeda. Kaca tempered dengan kaca jenis lainnya pun memiliki harga yang berbeda, kaca tempered memiliki harga yang lebih tinggi karena memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kaca jenis lainnya.

Kaca tempered dengan prosesnya yang disebut tempering diciptakan melalui tekanan tinggi, pemanasan mencapai 700 derajat celcius hingga didinginkan secara cepat membuatnya menjadi kaca yang anti benturan, anti gores, tahan terhadap perubahan suhu ekstrem, tidak mudah pecah, hingga tidak membuat sudut tajam saat pecah sehingga aman digunakan. Kelebihan inilah yang membuat kaca tempered memiliki harga yang cukup tinggi. Namun karena kelebihan ini pula lah tempered menjadi kaca yang memenuhi standar untuk digunakan dalam berbagai sektor.

Tips Mudah Merawat Kaca Tempered

Di samping kelebihannya yang sangat banyak, kaca tempered juga tetap membutuhkan perawatan agar tampilannya tetap segar dan tahan lama. Cara merawat kaca tempered tidaklah sulit, di antaranya:

1. Membersihkan debu kering

Tekstur kaca yang khas yaitu dapat menarik debu membuat debu sering terkumpul dalam jumlah banyak. Debu tersebut dapat menyebabkan tampilan kaca menjadi kotor. Untuk membersihkannya, gunakanlah kemoceng untuk menyingkirkan debu dengan cara yang halus, setelah itu lap dengan kain lembut yang kering. Kain lembut digunakan agar tidak menimbulkan baret-baret halus pada permukaan kaca.

2. Membersihkan debu basah dan hujan

Debu basah dan hujan sering terjadi pada kaca dinding maupun pintu bagian luar yang terpapar langsung oleh hujan. Untuk membersihkannya, siramlah kaca dengan air secukupnya untuk menghilangkan kotoran dari cipratan air hujan dan kandungan asam yang ada dalam air hujan, setelah itu kaca kemudian dilap menggunakan kain lembut yang kering dan pastikan sampai kaca benar-benar kering.

3. Membersihkan menggunakan larutan pembersih

Jika Anda membersihkan kaca menggunakan larutan pembersih atau kita sebut sebagai cairan konsentrat, maka pastikan cairan konsentrat tidak tersisa sedikitpun pada permukaan kaca. Cairan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kaca, mengelupaskan bagian pelindungnya hingga pada akhirnya kaca menjadi rapuh dan mudah berjamur. Semahal apapun kaca tempered, jika Anda tidak merawatnya dengan baik, tetap saja akan terjadi kerusakan.

4. Hindarkan kaca dari goresan halus

Goresan halus pada kaca tempered justru sering terjadi disebabkan oleh kain lap. Oleh karenanya gunakanlah kain lap yang halus, selain itu saat Anda mengelap kaca, jangan pakai pola memutar, tapi pakailah pola lap searah untuk menghilangkan goresan.

Harga kaca tempered di pasaran sangatlah tinggi dibandingkan dengan harga kaca lain, apalagi harga kaca tempered 10mm terpasang, atau ukuran lain yang sudah terpasang memiliki harga yang lebih tinggi daripada yang belum terpasang. Oleh karenanya jangan sia-siakan biaya yang sudah Anda keluarkan untuk kaca tempered dengan merusak kaca hanya karena Anda memiliki ketidakmampuan dalam merawatnya. Lakukanlah tips mudah di atas untuk merawat kaca tempered serta yang paling penting lakukan tips di atas dengan konsisten dan intens agar kaca tempered Anda tetap terjaga dan tahan lama.